Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 13 Oktober 2012

Cara Mencegah Alzheimer


Mencegah Alzheimer - Alzheimer adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti setiap orang. Penyakit ini dapat membuat seseorang kehilangan akal dan pikiran. Alzheimer juga banyak menyerang anak muda. Sebenarnya alzheimer sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, namun para pakar kesehatan meneliti bahwa ada faktor lain yang bisa membuat seseorang terserang alzheimer. Faktor tersebut antara lain yaitu nutrisi, pendidikan, diabetes dan aktivitas mental serta fisik.



Dengan mengetahui betapa besarnya efek dari penyakit ini, tentunya pencegahan wajib dilakukan sedini mungkin. Alzheimer memang susah diobati, namun alzheimer masih bisa dicegah. Bagaimana cara mencegah alzheimer? Berikut ini 7 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer.

1. Konsumsi makanan mengandung antioksidan



Makanan dengan antioksidan dapat mencegah penyakit pikun dan mencegah tentunya mencegah Alzheimer. Banyak sekali sayur dan buah-buahan yang kaya antioksidan. Selain itu teh jgua mengandung banyak antioksidan. Selengkapnya lihat makanan yang mengandung antioksidan.

2. Kurangi makanan berlemak



Bukan hanya obesitas, lemak juga dapat memicu perubahan fungsi otak ke arah lebih baik atau lebih buruk. Alzheimer juga bisa dipicu dari makanan berlemak. Sebaiknya kurangi konsumsi lemak jenuh karena dapat membuat sel-sel otak yang menjadi tidak efisien. Selain itu kurangi konsumsi makanan yang digoreng seperti gorengan, nasi goreng, dll.

3. Olahraga



Rajin olahraga ternyata merangsang produksi kolestrol baik. Para peneliti mengklaim kolesterol baik ini dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mencegah kerusakan pada sistem otak.

4. Rangsanglah pertumbuhan otak



Otak mulai menyusut saat usia mencapai 30-40 tahun. Namun peneliti berpendapat seseorang dapat meningkatkan ukuran otak dengan rajin belajar. Cobalah mempelajari berbagai hal baru, perluas pertemanan sebagai stimulasi, baca buku, browsing di internet atau membeli permainan yang merangsang otak.

5. Kurangi makanan manis



Makanan manis tidak hanya menimbulkan masalah berat badan. Banyak makan manis juga dapat merintis kerusakan otak. Suzanne de La Monte, MD, MPH, seorang neuropathologist dari Brown University bersama tim melakukan penelitian. Ia menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang memperburuk kondisi otak.

6. Masak makanan sendiri di rumah



Dengan memasak makanan sendiri, kita dapat memastikan sendiri bahan-bahan yang digunakan adalah yang terbaik dan lebih sehat daripada beli makanan di luar.

7. Jaga kebersihan gigi



Gigi dan gusi yang tidak bersih dapat meracuni otak dan cenderung membuat memori semakin rendah. Oleh karena itu rajin menyikat gigi dan flossing dapat membantu menjaga gigi dan mempertajam memori. 

8. Kenali tanda-tanda awal Alzheimer



Tanda-tanda awal alzheimer dapat berupa kesalahan kecil seperti salah menilai jarak ketika berjalan, bingung saat membaca peta, rasa penciuman mulai hilang, mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali serta lupa menyimpan barang di tempat yang aneh. Jika hal ini sudah ada pada diri anda, segera konsultasikan ke dokter ahli.

Cara mencegah alzheimer sebaiknya mulai dilakukan sebelum terlambat. Iklan says "Kita tidak akan pernah tahu kapan alzheimer menyerang, pencegah sedini mungkin dapat menyelamatkan banyak jiwa" :)

0 komentar:

Posting Komentar